Melihat Prospek Usaha Ikan Hias Modern



Foto from google

Peluang usaha ikan hias air tawar dapat dilakukan dengan mudah? Tentu saja, jika dibandingkan dengan bisnis ikan hias air laut. Memang benar bahwa ikan hias air laut lebih beragam dan bervariasi dengan berbagai motif dan warna. Namun secara pemeliharaan, ikan hias air laut lebih sulit dan lebih banyak memakan biaya. Ikan hias air laut juga sangat sensitif terhadap lingkungannya. Anda harus memperhatikan kadar garam air laut, tingkat pH, dan sebagainya. Kemudian untuk akuarium ikan hias air laut, Anda juga harus menjaga dan memperhatikan kualitas airnya. Akuarium ikan hias air laut harus mempunyai protein skimmer. Ada baiknya Anda melihat peluang usaha ikan hias air tawar yang yang lebih mudah Anda jalankan dan akan dibahas secara lengkap di bawah ini.



sponsor: Qzruh Telaga Foundation.
Peluang bisnis ikan hias air tawar ini terbilang cukup menjanjikan. Karena, Anda dapat menjangkau target pasar yang luas. Ikan hias disukai oleh banyak kalangan di masyrakat karena cara pemeliharaanya yang mudah dan4u sederhana. Berbagai kalangan masyrakat dari kalangan menengah ke bawah maupun menengah ke atas gemar memelihara ikan hias untuk dipajang di rumahnya.
Untuk mengengah ke atas, terdapat ikan hias air tawar seperti Ikan Arwana, Louhan, atau Ikan Discus. Harga dan pemeliharaan dari jenis-jenis ikan yang seperti ini bisa sangat mahal. Misalnya seperti Ikan Arwana yang harganya bisa meningkat sangat tinggi di Indonesia. Harga ikan Arwana bervariasi mulai dari ratusan ribu bahkan hingga puluha juta rupiah dan dilengkapi oleh sertifikat dari penjulanya.
Ikan arwana disukai karena coraknya yang indah, terlebih karena ikan Arwana dinilai memiliki sesuatu yang mistis bagi beberapa orang yang mempercayainya. Sebagian orang mengatakan bahwa, ikan Arwana ini dapat membawa keberuntungan bagi orang yang memeliharanya.
Untuk menengah ke bawah terdapat berbagai jenis ikan seperti Ikan Koi, Cupang, Ikan Koki, Ikan Komet, Ikan lemon, dan sebagainya. Beberapa ikan yang bersifat agresif dan tipe petarung seperti Ikan Cupang juga banyak disukai oleh masyarakat, terutama anak-anak dan kalangan remaja. pasalnya Ikan Cupang ini sering di jadikan koleksi dan diikutkan kontes.seperti halnya ikan-ikan predator, ikan culang ini ditempatkan pada satu wadah yang tersendiri dan tidak bergerombol seperti kebanyakan jenis ikan yang lain.

Peluang bisnis ikan hias air tawar ini terbilang cukup bagus. Selain karena corak dan warnanya, banyak dari para pembeli yang mulai mengoleksi ikan-ikan hias air tawar predator. Untuk memulai bisnis ikan hias air tawar Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini:
  • Tempat pemeliharaan dan lokasi
Lokasi yang tepat dan strategis merupakan kunci utama dalam menjalankan bisnis apapun, kecuali bisnis online.contoh lokasi yang baik misalnya dekat pusat perbelanjaan, depan jalan utama, area rekreasi, taman-taman kota dll.Jadi, sebisa mungkin pilihlah tempat yang tepat untuk usaha Anda dalam menjual dan memasarkan ikan hias tersebut. Sedangkan jika Anda tidak memiliki modal, Anda dapat memelihara ikan-ikan tersebut di rumah Anda sendiri dan menitipkannya pada kios-kios.
Untuk tempat pemeliharaan ikan, Anda harus menyesuaikan tempat tersebut sesuai dengan jumlah dan jenis ikan yang Anda pelihara. Yang terpenting adalah kualitas pakan, kebersihan, dan pemeliharaan air. Jika Anda semakin sering memberi makan untuk ikan-ikan Anda, tentu saja air di dalamnya juga akan semakin keruh. Jadi Anda harus rutin membersihkannya agar ikan-ikan Anda dapat tumbuh dengan cepat dan sehat.
  • Peralatan
Terdapat beberapa peralatan yang Anda butuhkan nantinya seperti akuarium, filter, jaring penangkap ikan, dan pompa air. Anda juga harus menyediakan beberapa pelengkap seperti vitamin untuk menjaga kesehatan ikan-ikan Anda.
  • Jenis-jenis ikan
Peluang usaha ikan hias air tawar bisa sangat menguntungkan, tergantung dari jenis ikan yang Anda pelihara. Jenis-jenis ikan ini dapat Anda sesuaikan dengan target pasar dan kondisi keuangan Anda. Apakah nanatinya Anda akan memelihara ikan untuk kalangan menengah ke atas atau menengah ke bawah. Anda juga dapat mencoba untuk memelihara kedua jenis ikan tersebut secara bersamaan.
  • Pemasaran
Pemasaran yang baik merupakan hal yang penting dalam menjalankan setiap usaha. Anda harus mengerti dan memahami siapa target Anda nantinya. Apakah Anda mengincar anak-anak atau orang-orang dewasa dengan kegemaran dan kesukaan jenis ikan yang berbeda. Untuk anak-anak biasanya mereka lebih menyukai Ikan Cupang. Untuk orang dewasa, biasanya mereka menyukai jenis ikan yang cukup mahal seperti Ikan Louhan dan Ikan Arwana.
Demikian sedikit informasi mengenai peluang usaha ikan hias air tawar yang dapat Anda coba. Apapun usaha yang Anda jalankan, jika dikerjakan dengan tekun dan sabar disertai dengan doa akan memberikan hasil yang baik. Salam Pebisnis...

Komentar

Indahnya Milky Way Di Pantai Kurenai

INDAHNYA MILKY WAY DI PANTAI KURENAI...

MUSYAWARAH BESAR MAHASISWA PECINTA ALAM